Kamis, 09 Januari 2020

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri di Depok: Penyakit dan Cara Hidup yang Baik untuk Lansia

Dokter
Ilustrasi
Geriatri merupakan cabang ilmu yang berhubungan dengan diagnosis, penanganan dan pencegahan penyakit maupun gangguan kesehatan yang menyerang orangtua lanjut usia. Masalah yang ditimbulkan seperti menurunnya penglihatan, pendengaran maupun tubuh menjadi lebih mudah lelah. Hal ini menyebabkan orangtua lebih membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari orang dewasa sehingga akan membantu kondisi kesehatan tetap lebih baik. Dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Depok berperan dalam mencegah terjadinya penyakit, membantu dan mengatasi masalah yang muncul pada kesehatan lansia. Dokter akan bekerjasama dengan tim untuk memberikan penanganan melalui evaluasi hingga perawatan yang sesuai untuk lansia.

Berikut adalah beberapa penyakit pada usia tua diantaranya:

Hipertensi, semakin tua maka tekanan darah cenderung meningkat dan menjadi sebuah proses alami saat menua. Tekanan darah yang tergolong tinggi mencapai 140/90 mmHg atau, pada angka ini maka perlu memberikan pengobatan dan perawatan.
Artritis atau radang sendi, merupakan peradangan salah satu atau lebih sendi yang ditandai dengan rasa nyeri, kekakuan dan bengkak pada sendi. Maka orang tua perlu melakukan olahraga secara teratur dan menjaga berat badan supaya radang sendi tidak memburuk.
Stroke, merupakan penyakit yang rentan menyerang orang tua yang ditandai mati rasa pada wajah, lengan atau kaki pada salah satu tubuh dan juga mengalami penurunan penglihatan dan kesulitan bicara.

Selain diatas, penyakit paru obstrutif kronis atau PPOK merupakan penyakit yang membuat penderitanya sulit bernapas. Hal ini dikarenakan aliran udara terhalangi dan emfisema dan bronkitis kronis merupakan yang paling umum terjadi. Ada juga diabetes mellitus karena di usia tua tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan efisien. Diabetes dapat diatasi dengan mengontrol asupan makanan dan juga olahraga yang teratur.

Berikut adalah cara hidup sehat di usia tua diantaranya:

Menjaga pola makan sebagai bentuk investasi masa depan dengan menjalani diet kaya protein termasuk makanan sayuran hijau, daging merah, gandum utuh dan buah-buahan.
Diperlukan juga olahraga untuk memaksimalkan metabolisme dalam tubuh dengan memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang.
Tetap mengasah otak dengan berbagai kegiatan supaya tetap menjaga otak dapat memainkan perannya dan pastikan otak berpikir secara aktif.
Orang tua cenderung menyukai duduk bersantai maka perlu mengatur posisi duduk yang tidak asalan dan akan membuat lansia mudah terserang nyeri panggung.

Untuk asupan gizi seimbang diperlukan mulai dari protein, lemak, karbohidrat dan mineral. Bahan makanan karbohidrat dapat diperoleh dari oatmeal dan beras merah, bahan makanan protein dari minyak kedelai dan kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli, buah segar dan sebaiknya menghindari makanan cepat saji yang menggunakan bahan pengawet. Orangtua perlu mengatur porsi makan, sebaiknya dengan porsi kecil dalam jumlah yang sering walaupun lansia susah mengunyah akan dibantu dengan gigi palsu atau pengolahan makanan yang di cincang terlebih dahulu.

Dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Depok menyarankan untuk membatasi dalam mengonsumsi lemak, garam dan gula yang membuat sistem pencernaan menjadi susah dan mengalami kolesterol. Sebaiknya mengonsumsi kalsium melalui ikan salmon, kangkung, bok choy, kacang almond, yogurt, susu dan keju yang akan membantu menjaga kepadatan tulang dari lansia. Perlu juga memperhatikan kebutuhan cairan karena lansia lebih rentan mengalami dehidrasi yang membuat asupannya menjadi tidak baik. Selain itu perhatikan kebutuhan kalori yang akan berpengaruh dengan tinggi, usia dan jenis kelamin seorang lansia sehingga akan terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar