Rabu, 27 November 2019

Ingin Wajah Cerah Dan Sehat? Gunakan Masker Wajah Dari Bahan-Bahan Alami Ini

Masker Wajah

Wajah yang bersih dan segar tentunya menjadi dambaan semua wanita. Wajah yang tampak cerah dan berseri bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang dan tidak memerlukan banyak produk make up untuk membuatnya tampak cantik. Untuk mendapat wajah yang bersih dan terawat, Anda bisa mulai rutin menggunakan masker wajah. Tidak perlu repot-repot pergi ke salon karena Anda juga bisa membuat sendiri masker wajah menggunakan bahan-bahan alami yang akan kita bahas pada artikel berikut ini.

Sebenarnya, perawatan wajah bisa Anda lakukan secara tidak langsung lewat beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan secara rutin setiap hari. Selain bisa membuat wajah Anda tampak lebih berseri, tubuh pun akan senantiasa sehat lewat kebiasaan-kebiasaan ini.

Wajah Cerah


1. Konsumsi air putih yang cukup. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Air merupakan salah satu elemen pendukung yang membuat tubuh kita tetap bekerja dengan baik. Tanpa asupan air yang cukup, fungsi tubuh akan terganggu, termasuk juga kesehatan kulit wajah. Salah satu ciri seseorang yang kekurangan air adalah kulit tampak kering dan kusam. Jadi, biasakan konsumsi air secara cukup setiap hari untuk menjaga agar kulit Anda tetap lembab.

2. Tidur teratur. Bila Anda ingin mempunyai wajah yang cerah dan berseri, usahakan agar tubuh selalu mendapatkan istirahat yang cukup dan teratur. Ini bisa dicapai dengan tidur tepat waktu dan tidak terjaga hingga pagi hari. Sudah bukan rahasia lagi, di tengah malam tubuh kita akan bekerja untuk memproduksi berbagai zat berguna yang baik bagi tubuh. Jika Anda terjaga di tengah malam, maka zat-zat tersebut tidak akan diproduksi.

3. Olahraga. Selain baik bagi organ-organ tubuh penting, olahraga juga ternyata punya efek yang baik bagi kulit, termasuk kulit wajah. Dengan berolahraga maka peredaran darah akan menjadi lebih lancar sehingga pasokan nutrisi yang sampai di kulit akan semakin maksimal. Selain itu, keringat yang dihasilkan dari berolahraga juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan kulit.

4. Selalu bersihkan wajah. Kebiasaan membersihkan wajah juga bisa menjadi salah satu cara agar wajah Anda selalu tampak bersih dan cerah. Cukup bersihkan wajah dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah tidur. Di malam hari, usahakan agar Anda menggunakan double cleansing, yakni dua kali proses membersihkan wajah. Pertama, gunakan cleanser berbahan minyak atau air dengan kapas, lalu gunakan sabun pembersih wajah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda beristirahat dengan wajah yang benar-benar bersih dengan seluruh kotoran telah terangkat.

5. Lakukan perawatan dengan bahan alami. Sejak zaman dulu, leluhur kita banyak melakukan perawatan kulit dengan bahan-bahan alami, yang ironisnya kini sudah mulai ditinggalkan. Padahal, perawatan wajah dengan bahan alami ini punya risiko yang jauh lebih sedikit ketimbang menggunakan produk kecantikan atau obat dari dokter. Jadi apabila Anda punya waktu luang dan ingin mempunyai kulit yang tampak lebih sehat, terapkanlah perawatan wajah dengan bahan-bahan alami.

Selain aman bagi kulit wajah, masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami juga mudah untuk dibuat karena bisa dibeli di mana saja dengan harga yang terjangkau. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa disulap menjadi masker wajah dengan berbagai khasiat berguna.

1. Lidah Buaya. Saat ini di dunia make up tengah populer yang namanya gel lidah buaya. Jika Anda belum sempat mencobanya, kenapa tidak membuatnya sendiri? Masker ini berfungsi untuk membersihkan wajah, membuatnya tetap lembab dan menjadikannya tampak lebih cerah. Untuk bahannya, cukup sediakan 1 sendok teh getah lidah buaya, lalu campur dengan kunyit atau madu dan aduk rata. Aplikasikan masker ke wajah setiap hari untuk hasil maksimal.

2. Jeruk Nipis. Jeruk nipis juga merupakan salah satu produk yang biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengangkat minyak berlebih. Siapkan satu buah jeruk nipis, satu butir telur ayam dan gula. Peras jeruk nipis kemudian campurkan sarinya dengan putih telur dan gula, aduk hingga rata. Aplikasikan masker yang sudah jadi pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Agar hasilnya makin maksimal, Anda bisa menambahkan gula sebagai pengganti scrub untuk mengangkat sel yang telah mati. Perawatan ini sangat cocok untuk kulit wajah yang berminyak.

3. Kentang. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang mempunyai banyak kandungan vitamin B, vitamin A, vitamin C, fosfor dan protein. Kandungan-kandungan inilah yang bisa memberikan manfaat tak terhingga bagi kulit wajah Anda. Cara membuat masker wajah dengan kentang juga sangat mudah. Siapkan kentang, cuci kemudian kupas lalu rebus hingga lunak. Haluskan kentang yang sudah lunak dengan cara ditumbuk atau dihancurkan dengan sendok. Campurkan dua sendok makan susu bubuk ke dalam kentang yang sudah halus dan aduk hingga memiliki tekstur pasta yang kental. Oleskan pada wajah sebelum tidur dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

4. Lemon. Lemon mengandung asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas dan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Buah lemon juga sangat baik untuk menangkal munculnya jerawat. Siapkan 1 sendok makan perasan air lemon dan 1 sendok madu, kemudian campurkan keduanya dan aduk hingga rata. Pada wajah yang sudah dicuci bersih, oleskan campuran masker dari lemon dan madu tersebut, lalu diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

5. Alpukat. Tak cuma enak disantap, alpukat juga sangat baik bagi perawatan alami untuk tubuh termasuk kulit wajah. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut maupun masker wajah. Kandungan karotenoid, antioksidan, vitamin E dan vitamin C di dalam alpukat terbukti membawa banyak manfaat bagi kulit wajah. Untuk membuat masker dari buah ini, cukup siapkan 1 buah alpukat, ambil dagingnya kemudian haluskan hingga lembut. Oleskan masker alpukat pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 25 menit, lalu bilas hingga bersih.

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah Anda ubah menjadi masker wajah yang tidak hanya aman, namun juga berkhasiat untuk merawat wajah Anda dan membuatnya tampak cerah dan berseri serta senantiasa lembab. Umumnya, masker wajah bisa digunakan 1 hingga 3 kali dalam satu minggu. Penggunaan masker wajah juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Anda bisa menggunakan masker pada pagi maupun malam hari, tergantung kebutuhan. Masker wajah dari bahan-bahan alami ini bisa membantu pasokan cairan bagi berbagai tipe kulit wajah, baik yang kering maupun yang berminyak. Sesuaikan bahan masker yang Anda gunakan dengan tipe kulit agar masker bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Bagi Anda yang suka menggunakan peel-off-mask dan punya kulit kering, sebaiknya cermat dalam memilih dan menggunakan masker. Jangan mengenakan peel-off-mask lebih dari waktu yang dianjurkan agar kelembaban kulit Anda tidak hilang. Pilihlah bahan-bahan alami yang dapat menjaga kelembaban kulit seperti susu, yogurt, madu, dan aloe vera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar