Minggu, 08 September 2019

Yuk, Intip 11 Tips Sederhana Mengganti Senar Gitar dengan Baik!

Tips Mengganti Senar Gitar
Sumber: wikiHow.com

Mengganti senar gitar bukanlah hal yang sulit, akan tetapi hal ini bisa saja menjadi sulit bagi pemula yang mau mengganti senarnya. Terlepas dari kata kesulitannya, kemampuan itu harus dimiliki oleh para gitaris, baik yang pro maupun yang masih pemula dalam bermain gitar. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan trik bagaimana cara mengganti senar gitar. Langsung saja simak dibawah ini!

1. Memutuskan Senar Gitar terlebih dahulu

Kamu dapat mengganti sebuah senar gitar secara keseluruhan atau hanya beberapa senar saja, tergantung apakah senar gitar itu masih layak pakai atau tidak. Mengganti senar akan mudah apabila kamu membersihkan gitar terlebih dahulu. Bagian Neck adalah bagian yang paling sering berhubungan dengan jari, sehingga pastinya ada kotoran yang bersarang di bagian itu tadi. Mengganti beberapa atau satu senar akan membuat Neck gitar menjadi tetap tegang.

2. Mencabut Senar


Mencabut Senar
Sumber: siddix.blogspot.com

Untuk melepas senar, pastikan kendorkan dahulu dengan memutar tuner yang ada di bagian kepala gitar. Kendurkan hingga benar-benar kendur sehingga dapat dengan mudah untuk melepas senar Bridge gitar.

3. Mencabut Bridge dan Pin pada Gitar.


Sumber: siddix.blogspot.com

Cabut semua bridge atau pin di saat sudah mulai kendur. Kamu mungkin akan mendapatkan kesulitan disaat melakukan hal itu karena biasanya pin lebih keras saat dilepas. Sehingga kamu akan memerlukan beberapa alat untuk membantu mencabut pin, contohnya seperti tang.

4. Menyiapkan Senar Baru.

 
Menyiapkan Senar Baru
Sumber: siddix.blogspot.com


Untuk mengganti senar gitar, siapkan terlebih dahulu apakah senar tersebut sudah ada gantinya?

5. Memilih sebuah senar gitar yang akan dipasang.

 
Memilih sebuah senar gitar yang akan dipasang
Sumber: siddix.blogspot.com

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk memasang senar gitar, kamu bisa mengganti senar mulai dengan berurut dari atas sampai dengan senar bawah. Metode ini adalah metode yang paling banyak dipakai untuk memasang senar baru seperti urutan 1,2,6,4,5,3. Yang paling penting adalah kamu harus memasang senar paling awal yaitu senar nomer 1, kenapa? Karena akan lebih gampang untuk memasang senar berikutnya, kemudian lakukan sesuai dengan apa yang diurutkan tadi.

6. Memasang Senar di Lubang Bridge.

 
Memasang Senar di Lubang Bridge
Sumber: siddix.blogspot.com


Kamu harus melakukan itu sambil menarik senar untuk memastikan apakah senar gitar sudah terpasang atau tertahan dengan baik oleh bridge pada pin gitar.

7. Mengencangkan sebuah senar.

Mengencangkan sebuah senar
Sumber: siddix.blogspot.com
Setelah senar sudah terpasang dengan baik, kamu bisa mengencangkannya dengan memutar tuner di bagian Headstock. Tapi pada saat mengencangkan usahakan jangan terlalu kencang banget ya !

8. Membersihkan sisa ujung senar.


Membersihkan sisa ujung senar

Sumber: siddix.blogspot.com

Setelah senar sudah terpasang sempurna, mungkin akan ada sisa senar di bagian headstock gitar kamu. Kamu bisa merapikannya dengan memasukkan ujungnya ke dalam lubang di alat pemutar pada kepala gitar.

9. Mengencangkan kembali senar.

Mengencangkan kembali senar
Sumber: siddix.blogspot.com

Kencangkan kembali senar, tapi jangan terlalu kencang. Kencangkan senar dengan cara memutar sebuah tuner gitar seolah mau memainkannya. 

10. Tuning Gitar

 
 Tuning Gitar
Sumber: siddix.blogspot.com


Setelah semua sudah terpasang dengan baik, kamu bisa melakukan hal selanjutnya dengan mengatur nada di sebuah gitar kamu sesuai dengan nada pada masing-masing senar.

11. Memotong sisa senar dengan tang potong

 
Memotong sisa senar gitar dengan tang potong
Sumber: siddix.blogspot.com
Jika kamu menggunakan senar nilon, kamu harus memotong sisa-sisa senar yang ada di kepala gitar. Tapi kamu tidak boleh memotong senar sampai habis karena akan melonggarkan senar ketika dimainkan. Sisakan senar kurang dari 1-8 inci. 

Jangan terlalu terburu-buru dalam memasang senar-senar gitar  dan keadaannya jangan terlalu kencang saat dipasang, karena kalau senar terlalu kencang bisa putus dengan cepat. Pastikan kamu harus mengganti senar gitar setiap 2 bulan sekali agar kualitas suara yang didapat pada gitar menjadi lebih merdu dan bagus. 

Cukup sekian cara memasang senar gitar dan semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman.Terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar