Kamis, 29 Agustus 2019

Review Motherboard murah tapi tidak murahan MSI MAG Z390

harga msi X570

Sebelum mengulas MSI MAG Z390 perlu kita ketahui. MSI memang terkenal dengan memproduksi produk komputer berkualitas. Beberapa bulan yang lalu MSI bahkan mengeluarkan varian terbaru nya yaitu Msi X570 yang juga merupakan salah satu produk kelas atas atau flagship dari MSI. Motherboard yang khusus memiliki fitur nya masing masing dan sangat kompatibel untuk gaming serta juga untuk membuat konten, khusus untuk para content creator. Dan pastinya harga msi X570 pun ada diatas MSI MAG Z390. Namun jangan khawatir kualitas dari mobo MAG z390 pun tidak bisa dibilang murahan. 

Pihak MSI menjelaskan, seri MAG ini difokuskan untuk keseimbangan fungsi juga daya tahan. MAG Z390 Tomahawk sangat cocok digunakan untuk kebutuhan gaming. Ketika bermain game, motherboard ini juga sudah dilengkapi form factor ATX yang tentu nya bisa dipasangkan dengan prosesor unggulan juga kartu grafis yang handal agar pengalaman selama bermain game lebih lancar.

Dengan adanya fitur tersebut, suhu motherboard bisa stabil ketika dipasangkan kedua hardware pendukung itu. Untuk menghasilkan suhu yang tidak terlalu tinggi, Z390 Tomahawk juga dilengkapi dengan heatsink yang mempunyai bentuk lebih panjang dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Terdapat dua varian warna yang juga menyelimuti MSI MAG Z390 Tomahawk, yaitu hitam dan abu-abu MSI memakai istilah gun steel. Perpaduan dari kedua warna tersebut membuat motherboard ini terlihat sesuai dengan namanya, yaitu sebuah senjata api. Meski memiliki dua skema warna saja, MSI sudah melengkapi Z390 dengan fitur Mystic Light. Fitur ini adalah pencahayaan LED RGB, yang bisa membuat anda menyesuaikan warna yang anda inginkan. Lampu LED RGB disematkan di tepi motherboard. Fitu Mystic Light ini juga dapat melakukan sinkronisasi hardware lain yang mendukung seperti VGA, memori juga casing. Bukan hanya itu saja MSI menyediakan sebanyak 29 efek penyalahan LED yang bisa memberikan mood yang berbeda-beda, terutama saat bermain game dan mendengarkan musik.

Dari aspek memori, Z390 Tomahawk sudah dibekali dengan 4 slot DIMM DDR4 yang mempunyai konfigurasi Dual Channel. Dengan batas penggunaan memori yang ada pada motherboard ini adalah 64 GB. Kapasitas tersebut terbilang cukup lumayan besar untuk kebutuhan multitasking, atau juga megatasking. namu perlu diingat bahwa multitasking juga bergantung pada hardware lain sepert RAM.

Di bagian BIOS, MSI meenyematkan fitur Game Boost dan juga XMP. Fitur Game Boost merupakan cara pabrikan tersebut untuk melakukan overclock preset untuk prosesor yang dipasang, sedangkan fitur XMP hadir untuk melakukan overclock memori. initinya Game Boost ini menyiapkan kemudahan melakukan overclocking.

Kesimpulan nya untuk mobo MSI yang ini. Prosesor Intel Core generasi ke-8 juga sudah mulai merajalela di pasaran, serta motherboard MAG Z390 Tomahawk kelas menengah dari MSI juga sudah mendukung chipset terbaru. Meski bukan berasal dari kelas flagship sepert X-570, motherboard ini menawarkan berbagai kemudahan jika Anda ingin melakukan overclocking berkat disematkan nya fitur Game Boost dan XMP yang mudaah. diakses di BIOS. antarmuka BIOS-nya mobo ini juga bersahabat, termasuk buat Anda pengguna baru dan sedikit kesusahan melihat menu nya. Untuk Anda yang belum mempunyai prosesor Intel generasi terbaru, motherboard yang berasal dari produsen asal Taiwan ini juga masih mendukung prosesor Intel generasi sebelumnya. Harga yang ditawarkan motherboard ini juga tergolong murah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar