Rabu, 31 Juli 2019

Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel

Ganti oli mobil

Gantioli mobil secara rutin merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar mobil selalu dalam keadaan prima. Pasalnya, seiring dengan berjalannya waktu, kualitas oli pasti akan menurun dan penuh kotoran sehingga harus segera diganti. Anda pun tidak perlu jauh-jauh ke bengkel untuk mengganti oli karena semua bisa dilakukan sendiri. Berikut beberapa cara tersebut!

1.                  Membuang Oli
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang oli terlebih dahulu. Angkat mobil Anda menggunakan dongkrak penyangga, kemudian panaskan mobil selama dua atau tiga menit supaya oli menghangat. Buka kap mesin dan cari letak dari penutup oli yang ada di atas mesin. Cari bak di bagian bawah mesin dan buka baut penutupnya sambil sediakan wadah.

2.                  Ganti Saringan Oli
Temukan posisi dari saringan oli (umumnya berwarna putih atau biru). Jika sudah, lepaskan saringan oli dengan memegangnya kuat-kuat dan putar secara perlahan. Gunakan kain atau sarung tangan yang kasar agar tidak licin.

Siapkan saringan yang masih baru dengan mencelupkan ujung jari pada oli yang baru dan oleskan pada area seal lingkaran saringan baru tersebut. Jika saringan terpasang dengan posisi vertikal maka Anda dapat ganti oli mobil secara penuh. Namun sebaliknya, jika posisinya sedikit miring, oli akan sedikit tumpah. Langsung saja pasang saringan oli yang baru.

3.                  Tuangkan Oli
Langkah ketiga, tuangkan oli pada lubang untuk pengisian. Jumlah dari oli ini juga harus disesuaikan dengan petunjuk yang ada pada mobil Anda. Perhatikan kapasitas yang diperlukan. Pasang kembali tutup pengisian dari oli tersebut dan jangan lupa periksa kembali semuanya. Jangan sampai ada yang tertinggal.

4.                  Nyalakan Mesin dan Buang Oli Bekas
Terakhir, coba nyalakan mesin mobil dan pastikan jika indikator dari tekanan oli mati. Reset lampu indikator penggantian oli mobil, biasanya akan bergantung dengan jenis mobilnya. Jika semuanya sudah selesai segera buang oli bekas tersebut.

Bagaimana cukup mudah bukan melakukan ganti oli mobil sendiri? Kini Anda bisa melakukan pergantian oli mobil secara rutin kapan saja dan di mana saja sesuai dengan waktu penggantian dan kebutuhan oli. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar