Kamis, 04 April 2019

Jangan Berangkat Mudik Sebelum Mengetahui 5 Hal Ini


Mudik Shopee
Sumber : pricebook.com
Selain menaiki kereta api, bus, mobil, dan juga pesawat terbang, mudik dengan mengendarai motor adalah salah satu pilihan yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Karena pilihan ini akan memberikan kebebasan dan fleksibel kepada pemudik saat perjalanan. Tidak hanya itu saja, motor yang digunakan ketika mudik juga bermanfaat ketika ingin melakukan silaturahmi lebaran di kampung halaman.

Jadi wajar saja banyak pemudik yang lebih memilih menggunakan sepeda motor sendiri daripada menaiki kendaraan umum. Apabila kamu juga ingin menggunakan motor untuk pulang ke kampung halaman, sebaiknya lakukan persiapan yang matang serta memadai agar perjalananmu aman dan nyaman. Apakah kamu tahu barang apa saja yang diperlukan ketika ingin melakukan perjalanan pulang kampung dengan mengendarai motor? 

Kalau kamu kurang tahu, pas banget nih. Kali ini kami akan memberikan beberapa peralatan yang perlu kamu bawa ketika mudik lebaran agar lebih aman dan nyaman di perjalanan.

1. Makanan dan minuman yang cukup

Makanan Minuman
Sumber : phinemo.com
Yang pertama adalah makanan dan minuman. Kamu tidak perlu membawa banyak makanan ketika ingin mudik, bawa makanan dan minuman secukupnya saja agar tidak memberikan beban berlebih pada motor. Meskipun kamu bisa mampir ke warung makan, tetapi jika terjadi kemacetan dan tidak ada penjual makanan apalagi minuman pasti akan kesulitan bukan? karena kita tidak tahu bagaimana nantinya medan yang dilalui ketika berkendara. Yang paling penting jangan sampai ketika sedang fokus berkendara tiba-tiba kamu hilang kendali karena kondisi perut yang keroncongan sehingga tubuh menjadi lemas. Hal tersebut pastinya sangat berbahaya bagi keselamatanmu!

2. Jaket Contin

 
Jaket Contin
Sumber : Shopee.co.id

Ketika sedang mengendarai motor sudah menjadi resiko bila terkena debu dan angin secara langsung. Sebab itu gunakanlah jaket yang tebal, karena hal tersebut sangat dianjurkan oleh pihak berwajib. Apalagi jarak tempuh perjalanan yang kamu lalui sangat jauh ketika mudik. Selain melindungi pengendara dari angin dan debu, jaket tebal seperti contin dapat melindungi kamu saat terjadi benturan atau adanya benturan, maka dari itu sangat disarankan menggunakan jaket tersebut. Untuk memilih jaketnya pun tidak boleh sembarang, pastikan pilih jaket yang nyaman, pas digunakan dan juga water resistant sebagai keselamatanmu.

3. Rompi pelindung dada


Rompi pelindung dada
Sumber : Shopee

Kadang jaket dengan bahan tebal tidak cukup hanya untuk melindungi paru-parumu dari terjangan angin yang kencang saat berkendara. Maka dari itu kami sarankan untuk menambahkan rompi pelindung dada saat berkendara, apalagi jarak tempuh perjalanan yang sangat jauh.

Bahan yang digunakan pada rompi pelindung dada cenderung tebal. Sehingga ketika menggunakan rompi ini dadamu akan terlindungi  dari hempasan angin yang kencang saat berkendara. Selain itu juga rompi ini dapat menjadi pelindung efektif ketika terjadi benturan. Pastikan kamu berhati-hati ketika membelinya dan memilih bahannya.


4. Obat-obatan 

Obat-obatan
Sumber : lepaspenat.com
Nah, barang penting yang perlu kamu bawa ketika mudik jauh adalah obat. Jangan pernah meninggalkan kebutuhan yang satu ini, karena kamu tidak akan tahu bagaimana perubahan cuaca apalagi dengan kondisi ketahan fisik dan stamina selama melakukan perjalanan mudik dengan berkendara sepeda motor.

Oleh karena itu pastikan kamu tidak boleh meninggalkan obat-obatan seperti obat anti mabuk, obat pusing, demam, flu, dan juga obat masuk angin. Kamu juga bisa menambahkan balsem dan koyo untuk meringankan pegal-pegal. Bagi kamu yang memiliki penyakit khusus pastikan membawanya juga.

5. Box motor

 
Sumber : jualo.com
Box motor ini juga merupakan salah satu aksesori motor yang diperlukan oleh para bikers maupun para pemudik dengan jarak tempuh yang jauh. Kebanyakan orang sering membully para pengendara yang menggunakan box motor. Padahal box motor sangat berfungsi untuk segala hal. Karena dengan box motor kamu bisa lebih mudah untuk membawa barang yang berlebih, barang aman dari maling, bisa untuk sandaran bagi pembonceng, bisa menghindari barang dari air hujan, bisa melindungi bodi belakang motor agar tidak lecet dan juga lebih praktis.

Itulah beberapa barang dan peralatan yang perlu kamu bawa saat sedang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman agar lebih aman dan nyaman. Selamat mencoba, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar