Selasa, 01 Mei 2018

Nasionalisme Meningkat Ketika Nonton Pertandingan Timnas Indonesia, Benarkah Demikian? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Tak bisa dipungkiri jika ketertarikan pada pertandingan sepak bola memang menarik perhatian banyak orang. Ya, mengingat sepak bola merupakan olahraga yang banyak disukai oleh masyarakat luas menjadikan jika ada pertandingan, maka pastinya euforia pun akan sangat besar, apalagi jika yang bertanding adalah Timnas Indonesia dengan melawan negara lain atau klub dunia. Sudah bisa dipastikan di kondisi seperti ini stadion akan sangat penuh. Bahkan banyak yang menyatakan jika nasionalisme menjadi tinggi jika ada momen seperti ini. 

Timnas Indonesia

Memang tak dapat dipungkiri jika olahraga mampu menjadi pemersatu bangsa. Mungkin pernyataan ini ada benarnya juga karena dengan menonton pertandingan olahraga maka semangat mendukung tim nasional akan sangat tinggi. Tak hanya sepak bola saja, namun juga untuk semua cabang olahraga. Karena hal inilah maka banyak yang menyatakan jika menonton pertandingan Timnas akan menjadikan semangat nasionalisme terpupuk tinggi. Mungkin berikut ini yang bisa menjadi alasannya:

1. Muncul rasa bangga pada Indonesia dan juga bendera Merah Putih
Ketika Timnas berjuang di ajang kelas internasional, maka bukan hanya pemain Timnas dan juga pelatih saja yang dag dig dug menghadapinya melainkan seluruh masyarakat Indonesia. Sebelum pertandingan dimulai, biasanya lagu Indonesia Raya dan bendera Merah Putihnya akan dikibarkan dulu. Entah mengapa meski seringkali melakukan upacara hari Senin, namun momen seperti ini sangat berbeda sehingga menjadikan ada rasa bangga tersendiri. Apalagi jika lagu dan juga bendera ini ada saat Indonesia sudah memenangkan pertandingannya, maka rasa haru itu akan juga jadi rasa bangga yang teramat sangat.

2. Mampu memaknai semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Semboyan yang sudah sangat hafal sejak masa kecil yakni Bhinneka Tunggal Ika mungkin terasa biasa saja. Namun ketika ada pertandingan Timnas, semboyan ini pun jadi terasa berbeda. Ya, mungkin banyak masyarakat Indonesia yang merasakan juga jika memang Indonesia ini banyak memiliki perbedaan namun tetap bersatu juga. Hal ini pun terbukti dari dukungan seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang nama suku, agama, hingga ras yang ada. Yang jelas, semuanya mendukung satu tim yang sama yakni Timnas Indonesia. Di momen seperti ini, tak heran jika banyak atribut hingga jersey Timnas yang selalu laris manis di toko online.

3. Memiliki musuh yang sama
Tentunya musuh yang dimaksud di sini bukan musuh dalam arti sebenarnya, melainkan lawan pertandingan. Ya, Indonesia memiliki lawan yang sama ketika ada pertandingan olahraga, misalnya saja ketika pertandingan sepak bola antara Timnas melawan Malaysia yang seringkali penuh dengan epik dan cerita. Tentunya lawan dari Timnas juga menjadi lawan dari seluruh masyarakat Indonesia juga. Jika ada pemain yang dicurangi, maka seluruh supporter siap menyoraki, jika ada ketidakadilan dari wasit, maka siap saja wasit itu di bully. Mungkin rasa seperti ini yang menjadikan nasionalisme sangat tinggi. Tentunya ini merupakan musuh saat olahraga saja, bukan kemudian menjadikan perang atau perpecahan. Setelah pertandingan usai, tentu saja akan menerima dengan sportif.

Mungkin itulah beberapa alasan mengapa pertandingan Timnas hampir selalu bisa jadi momen untuk mempersatukan bangsa. Alasannya tentu saja karena tak peduli dimanapun berada, apapun suku ras Anda dan perbedaan yang dimiliki, namun tetap saja dukungan yang ditujukan adalah sama, yakni pada Timnas Indonesia yang sedang berjuang mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar