Selasa, 26 Maret 2019

Merk Laptop Terbaik Bisa Dimaksimalkan Kinerjanya dengan Cara Berikut


Laptop Spesifikasi Terbaik

Laptop atau komputer jinjing menjadi salah satu kebutuhan tersendiri bagi sebagian orang untuk kebutuhan tertentu misalnya untuk bekerja atau untuk mengerjakan tugas kuliah atau sekolah. Perangkat elektronik yang bahkan sudah bisa dibeli di toko online ini memiliki banyak variasi termasuk merk. Walaupun memilih merek laptop spesifikasi terbaik namun jika tidak digunakan dengan baik dan dirawat, bisa menyebabkan laptop tersebut tidak bisa bekerja dengan baik.

Untuk memaksimalkan kerja laptop terbaik Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu pertama meminimalkan program yang berjalan di startup. Semakin banyak program yang ada pada startup bisa menyebabkan kinerja dari laptop atau komputer menjadi menurun. Caranya adalah dengan menekan tombol Win+R lalu ketikan ‘msconfig’ dan kemudian pilih startup. Pada bagian tersebut uncek program yang ingin Anda non aktifkan.

Kedua adalah melakukan upgrade RAM dan harddisk. Upgrade RAM ini akan sangat membantu bagi Anda yang bekerja di bidang multimedia misalnya untuk rendering film ataupun untuk Anda yang suka bermain 3D yang berat. Selain bisa memperingan kerja laptop saat pemrosesan misalnya saat rendering juga bisa menurunkan resiko laptop hang. Namun, sebelum Anda mengganti RAM, perhatikan dahulu kapasitas RAM maksimal di laptop Anda, sesuaikan dengan spesifikasinya dan garansi laptop Anda.

Ketiga adalah mengaktifkan hibernate mode. Cara ini tidak hanya untuk memaksimalkan perangkat keras Anda yang termasuk dalam merk laptop terbaik namun juga untuk membuat agar laptop tidak lemot. Fungsi dari hibernate sendiri adalah menyimpan kerja memori atau kegiatan yang ada di laptop ketika laptop dimatikan dan nantinya akan dikembalikan kembali seperti semula sebelum hibernate. Untuk mengaktifkan hibernate, caranya adalah dengan tekan Window+i lalu pilih sistem. Masuk ke Power & Sleep dan pilih additional power setting kemudian Power Option. Pilih ‘Choose what the power button do’ dan kemudian ‘change settings that are currently unavailable’ setelah itu ok untuk mengaktifkan opsi hibernate.

Keempat adalah uninstall program yang tidak terpakai. Saat Anda terlalu banyak menginstal program yang tidak penting atau yang tidak pernah Anda gunakan, justru bisa membuat kerja laptop tersebut menjadi semakin menurun. Performa akan semakin menurun jika Anda membuka banyak program dalam 1 waktu apalagi dengan besar RAM laptop yang terbatas. Kelima adalah dengan menginstal aplikasi utilities untuk meringankan beban laptop ketika digunakan dan mempercepat kinerja dari laptop tersebut.

Keenam adalah custom virtual memori terutama jika Anda menggunakan laptop yang tidak memiliki RAM yang besar. Caranya adalah dengan:

Masuk ke control panel.
Pilih system and security lalu klik system. Atau bisa juga dengan menekan Windows+pause/break dan pilih advanced system settings.
Masuk ke tab advanced dan pilih settings di menu performance.
Masuk lagi ke bagian advanced dan pilih change di menu virtual memory.
Uncheck pada bagian ‘automatically manage paging file size for all drivers’.
Pilih custom size dan tentukan besar memori virtual yang Anda inginkan dan pilih set lalu OK.

Cara lain untuk memaksimalkan kerja dari perangkat keras merk laptop terbaik yang Anda gunakan yaitu:

Hapus file sampah di recycle bin.
Instal antivirus dan lakukan scan secara teratur sehingga bisa meminimalisir virus yang ada di laptop Anda agar tidak masuk lebih dalam ke sistem Anda.
Gunakan disk cleanup untuk menghapus file sementara di drive.
Bersihkan laptop dari debu dan kotoran.
Gunakan disk defragmenter untuk menyusun ulang data yang telah terfragmentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar