Senin, 08 Januari 2018

Bahaya Melakukan Diet Yang Salah

Pancarkan Pesonamu Tips Diet

Diet masih menjadi cara yang ditempuh oleh banyak orang demi mendapatkan berat badan tubuh yang ideal. Sebagian memilih untuk melakukan diet dan olahraga teratur, sedangkan yang lain biasanya memilih untuk melakukan diet ketat dengan cara yang salah.

Padahal, melakukan diet yang sangat ketat dengan cara yang tidak benar justru bisa menimbulkan berbagai resiko kesehatan yang berbahaya untuk tubuh. Bagaimanapun, kita harus tetap memenuhi asupan gizi yang masuk ke tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa timbul akibat menjalani tips diet yang salah

1. Kesehatan Mental Terganggu
diet yang tidak benar menyebabkan kalori dan energi yang masuk ke dalam tubuh menjadi menyusut dengan drastis. Jika sudah begitu, aspek psikologis pelaku diet pun turut terpengaruh. Biasanya, pelaku diet akan mudah tersinggung, mudah marah, hingga depresi kronis.

2. Makan Berlebihan
Alih-alih menekan nafsu makan, diet yang terlalu ketat dan tidak benar justru bisa membuat kita mudah merasa lapar sehingga justru makan lebih banyak dari biasanya. Hal ini merupakan reaksi tubuh untuk menutupi kekurangan nutrisi dan kalori dalam tubuh.

3. Menambah Berat Badan
Saat menjalankan diet yang salah dan dalam waktu yang lama, tubuh akan merasa jenuh dan lelah untuk meneruskan program diet tersebut. Akibatnya, tubuh menjadi malas untuk diet dan berakibat dengan naiknya berat badan. Bahkan dalam beberapa kasus, berat badan yang naik justru lebih banyak dari sebelumnya.

4. Lelah dan Mual
Diet yang salah membuat kalori dalam tubuh menyusut dengan cepat dan tubuh belum siap mengantisipasi kekurangan asupan kalori. Hal ini memicu rasa mual dan merusak sistem pencernaan, sehingga akan timbul pusing, sakit perut, kelelahan, bahkan muntah.

5. Efek Yoyo

Efek Yoyo adalah istilah dalam diet yang menggambarkan berat badan yang naik kembali setelah sebelumnya sempat turun. Efek Yoyo terjadi karena diet ketat dan dilakukan dengan langkah-langkah yang kurang benar. Alih-alih menurunkan berat badan, kekurangan asupan kalori dalam tubuh justru membuat tubuh merespon dengan rasa lapar yang berlebihan dan nafsu makan yang meningkat. Sehingga berat badan justru kembali naik lebih banyak dari berat badan kita sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar