Sabtu, 09 September 2017

6 Perbedaan Notebook Dengan Laptop Yang Harus Kamu Ketahui

Asus x555dg

Dulu sewaktu awal menggunakan notebook, saya sempat salah bingung dan salah memanggilnya dengan sebutan laptop. Padahal antara notebook dan laptop jelas berbeda, meski sepintas tampak sama dari segi bentuk. Lama-kelamaan akhirnya saya mengetahui perihal ini.

Mungkin dari sebagian pembaca ada yang mengalami hal sama dengan saya? Jika ya, tidak ada salahnya untuk saya mengupas sedikit tentang perbedaan antara notebook dan laptop, semoga dengan ini bisa jadi tambahan informasi bagi para pembaca.

Beda Ukuran
Hal pertama yang membedakan notebook dengan laptop ialah ukurannya. Notebook terbilang kecil yaitu berkisar antara 8-11 inch saja, sedangkan laptop layar serta ukuran bodynya lebih besar. Namun, dari segi ukuran ini pula terdapat kelebihan dan kekurangan antar keduanya. Berkat ukuran notebook yang kecil membuatnya lebih mudah dibawa, sedangkan kelebihan laptop, dalam hal kepuasaan visual tentu lebih unggul karena layarnya yang lebar seperti contohnya laptop seri Asus x555dg .

Ketahanan Batrai
Soal ketahanan batrai sebenarnya relatif tergantung dari tipe batrai dari masing-masing perangkat, namun dilihat dari segi pemakaian, notebook mungkin bisa bertahan lebih lama. Pasalnya, notebook digunakan hanya sebatas keperluan komputasi standar sehingga batrai lebih awet. Berbeda dengan laptop yang dapat dipakai untuk kebutuhan lain seperti main game berat, sudah dapat dipastikan batrai lebih boros.

Spesifikasi
Perbedaan mendasar lainnya ialah pada spesifikasi atau perangkat dalam. Spesifikasi pada notebook tentunya di bawah daripada laptop dan juga laptop memiliki fitur yang lebih lengkap. Tidak hanya itu, pada beberapa jenis aplikasi, notebook mungkin tidak dapat menerimanya karena spesifikasinya yang terbatas.

Berat
Ya, sudah dapat dipastikan dalam hal berat juga tentu berbeda. Ukuran notebook yang kecil tentu lebih ringan dibandingkan dengan berat laptop. Pada sebagian tipe laptop, ada yang mencapai berat lebih dari 2 kg seperti laptop  Asus x555dg yang berbobot 2.2 kg.

Harga
Bagi yang menginginkan perangkat system computer dengan harga yang murah, bisa memilih notebook karena memang harganya yang lebih terjangkau yaitu berkisar antara 1-3 jutaan saja. Berbeda dengan laptop yang dijual dipasaran mulai dari harga 4 jutaan ke atas.

Perangkat CD & DVD
Perbedaan yang terakhir terletak pada fasilitas pemutar CD dan DVD. Hampir semua laptop menyediakan fasilitas layanan pemutar CD dan DVD yang biasanya terletak dibagian samping laptop. Sementara notebook tidak memiliki fasilitas ini.

Nah itu tadi 6 perbedaan antara notebook dengan laptop yang harus kamu ketahui. Jadi, sudah tidak bingung lagi kan?! Mulai sekarang, kamu tentu sudah bisa membedakan antara keduanya sehingga tidak perlu takut salah lagi dalam menyebutkannya.

Semoga artikel Lesbentop kali ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar