Selasa, 26 Maret 2019

Pemakaman Ini Menawarkan Sensasi Liburan Luar Biasa

Liburan Pemakaman

Source: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/06/19/16/00/memorial-2419897_960_720.jpg

Liburan sangat identik dengan tempat-tempat indah seperti pantai, gunung, wahana permainan, sampai kota tua. Tiap waktu libur tiba, tempat-tempat tersebut selalu dipenuhi orang-orang dari berbagai daerah. Tapi jika kamu merasa bosan berlibur ke tempat-tempat tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba pergi berlibur ke tempat yang menawarkan sensasi berbeda, ke pemakaman misalnya.

Pemakaman memang bukan tempat wisata yang wajar dikunjungi. Tapi di beberapa tempat di Indonesia, pemakaman justru mampu menawakan kesan luar biasa. Di pemakaman tersebut, kamu tidak hanya dapat merasakan kesan menyeramkan, tapi juga bisa mempelajari keunikan budayanya, dan ada juga pemakaman dengan pemandangan yang indah sampai membuat kesan seram tidak terasa di sana. Mau tahu pemakaman mana saja yang dimaksud? Yuk segera cari harga tiket promo pesawat dari sekarang dan check this out!


Pemakaman Trunyan
Trunyan terletak di Desa Trunyan, Kabupaten Bangli, Bali. Di pemakaman ini, kamu tidak akan melihat tumpukan tanah dengan nisan dan taburan bunga berisi orang yang sudah meninggal. Kamu justru akan melihat langsung mayat-mayat tersebut. Masyarakat setempat memiliki tradisi pemakaman yang unik. Mayat-mayat akan diletakan di atas tanah. Selanjutnya, keluarga para mendiang hanya memasang kurungan bambu atau Ancak dan menyimpan sesajen di dekatnya.

Uniknya, kamu yang berkunjung ke sana tidak akan mencium bau yang keluar dari mayat tersebut. Hal ini karena di sana terdapat sebuah pohon bernama  Taru Menyan. Pohon ini akan menyerap bau bangkai yang keluar dari mayat yang membusuk. Ada yang mengatakan bahwa munculnya pemakaman Trunyan ini berawal dari legenda pohon “sakti” ini.

Dahulu wangi yang keluar dari pohon ini mampu menghipnotis empat bersaudara dari kerajaan Surakarta. Tak diduga mereka pun bertemu dengan Dewi Penunggu Pohon. Merasa terpesona, sang sulung pun menikahi sang Dewi sehingga terbentuk sebuah kerajaan kecil di sana. Karena khawatir wangi yang dikeluarkan pohon Taru Menyan dapat memancing serangan dari luar, maka diletakanlah mayat untuk mengunci wangi tersebut. 

Toraja
Di Toraja, ada suatu kepercayaan unik tentang kematian yang selalu dipegang teguh sejak jaman dulu. Jika ada orang yang meninggal, mayatnya tidak akan dikubur di dalam tanah seperti pemakaman pada umumnya. Maka jika pergi ke sana, kamu akan dengan mudah menemukan makam-makam unik yang menawarkan pemandangan mengesankan. 

Salah satunya adalah pemakaman Batu Lemo di Desa Lemo. Pemakaman ini berbentuk tebing batu dengan lebih dari 60 lubang berisi jenazah. Setiap lubang bisa menampung satu keluarga. Konon, Batu Lemo sudah ada sejak abad 16 untuk memakamkan orang-orang di Tana Toraja.

Di beberapa bagian pun terdapat patung berbentuk manusia bernama Tau-Tau yang didandani dengan pakaian. Patung-patung itu sering dianggap sebagai representasi dari orang yang sudah meninggal tersebut. Namun patung tersebut hanya dibuatkan untuk jenazah para bangsawan. Kalau berkunjung kesana, kamu bisa menikmati keunikan tradisi dan keindahan pemandangan dari tebing-tebing batu tersebut.

Masyarakat Tana Toraja pun memiliki tradisi unik dalam menyikapi kematian seperti ritual Mane’ne. Selama ritual ini berlangsung, kamu dapat melihat mayat yang masih diselimuti pakaian mengunjungi rumah keluarganya. Dalam tradisi ini, keluarga akan menganti pakaian dari jenazah tersebut secara berkala.

Tak hanya itu, di Tana Toraja juga ada keluarga yang tetap menyimpan jenazah salah satu anggota keluarganya di rumah selama bertahun-tahun. Bahkan jenazah itu pun selalu diperhatikan dengan baik laiknya merawat orang yang sedang sakit.

San Diego Hills
Pemakaman unik yang berada di Karawang, Jawa Barat ini sebenarnya sama saja dengan pemakaman pada umumnya. Jenazah yang dimakamkan disini akan dikubur. Perbedaannya, kesan mistis yang biasanya melekat di pemakaman umum hilang sejak pertama kali kamu memasukinya. Bagaimana tidak, di sana terdapat fasilitas mewah laiknya komplek perumahan elit. 

Makam disana dihias secantik mungkin, ada juga jogging track, danau buatan, kolam renang, mini market, restoran, sampai padang rumput. Bahkan kamu pun bisa merasakan seolah berada di lapangan golf. Dengan kemewahan ini, banyak orang yang sengaja datang hanya untuk berfoto meskipun tidak ada keluarganya yang dimakamkan di sana. Namun, kemewahan ini berbanding lurus dengan mahalnya biaya pemakaman di sana yang bisa mencapai miliaran rupiah. 

Jadi kalau kamu merasa bosan dengan sensai liburang yang mainstream, tidak ada salahnya untuk mengunjungi makam-makam tersebut. Selain itu, pemakaman bisa menjadi tempat yang baik untuk mengingatkan kamu akan kematian. 

Meskipun beberapa pemakaman tersebut berada jauh di luar pulau Jawa, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pergi di sana.  Sekarang, Ada banyak maskapai yang menawarkan harga tiket promo pesawat. Kamu bisa cari promo tiket pesawat murah di Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar